presentasi dalam bahasa inggris

Cara Presentasi Bahasa Inggris

Cara Presentasi Bahasa Inggris – Presentasi dalam bahasa inggris menjadi salah satu tugas yang bisa diberikan oleh guru ketika di kelas. Atau, dalam perusahaan tertentu, jika kamu bisa melakukan presentasi dalam bahasa inggris secara baik, benar dan lancar, maka akan membuat kamu jadi pekerja yang cukup diperhitungkan bagi masa depan perusahaan. Nah, apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin lancar melakukan presentasi dalam bahasa inggris? Berikut informasi lengkapnya.

1. Siapkan Greetings atau Pembuka

Greetings itu seperti apa? Pertama, dalam presentasi, kamu pasti menjadi orang yang paling didengar dalam satu ruangan. Sisanya, mereka adalah audiens. Apa yang mereka lakukan selama kamu presentasi menjadi refleksi apakah presentasi tersebut menarik atau tidak. Untuk itu, kamu harus melakukan beberapa hal untuk menciptakan kesan pertama. Misal, kamu bisa banyak tersenyum. Kemudian, tampillah dengan percaya diri. Jika gugup, kamu bisa melihat dinding. Lalu, kamu bisa mulai membuka presentasi dengan melakukan greeting atau menyapa.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat untuk menyapa sebelum presentasi dimulai:

Good morning, my friends. How are you today? Thank you for coming to my presentation. I would like to share about…

(Selamat pagi, teman-temanku. Bagaimana kabar kalian hari ini? Terimakasih sudah datang pada presentasiku. Kali ini, aku akan berbagi tentang…)

Good morning, ladies and gentlemen. It is an honor to meet you today. I would like to say thank you for coming to this presentation. My name is… and I would like to present you about…

(Selamat pagi, hadirin. Adalah sebuah kehormatan untuk bertemu anda hari ini. Saya ingin mengucapkan terimakasih atas kehadiran anda semua pada presentasi kali ini. Nama saya adalah… dan saya akan mempresentasikan tentang…)

2. Memperkenalkan Diri

Nah, untuk kamu yang presentasinya nggak sendirian alias dengan beberapa teman di kelas, kamu bisa memulai untuk memperkenalkan diri.

Let us introduce ourselves. I am…, and next to me is… We are from… (Izinkan kamu memperkenalkan diri. Aku…, dan disampingku adalah…, kami berasal dari…)

3. Sampaikan Fokus dan Tujuan Presentasi

Bila perlu, katakan kepada audiens mengapa mereka wajib menyimak presentasi kamu. Kamu bisa menjelaskan apa pentingnya presentasi ini sehingga mereka juga akan tertarik untuk terus mendengarkan dari awal sampai akhir. Sehingga, mereka mendapatkan sesuatu yang bermanfaat setelah presentasi kamu berakhir.

Berikut beberapa ungkapan yang bisa kamu sampaikan:

In this opportunity, I would like to present about… (Dalam kesempatan kali ini, saya akan mempresentasikan tentang…)

So, the purpose of my presentation is… (Jadi, tujuan dari presentasi saya adalah…)

In this presentation, we are going to talk about an important issue, which is… (Dalam presentasi kali ini, kami akan berbicara tentang isu yang sangat penting, yaitu…)

Please look at this picture. Do you see the picture? Cool, we go to the next slide to know what is going on there. (Tolong lihat gambar berikut. Apakah kamu melihat gambar tersebut? Bagus, sekarang kita bisa ke slide selanjutnya untuk melihat apa sebenarnya yang terjadi)

4. Share Points

Jika terdapat beberapa slide, maka sebaiknya beri tahu audiens apa saja point yang akan kamu sampaikan, dengan menggunakan kalimat berikut:

We are going to talk about A, B, and C (Kami akan berbicara tentang A, B dan C)

The headings of this topic are… (Bab-bab dalam topik ini adalah…)

We are going to talk in a few sections…  (Kami akan berbicara dalam beberapa bab yaitu…)

5. Tanya Jawab

Untuk membuka sesi tanya jawab, gunakan kalimat berikut:

That is all of our presentation today. We would be glad to hear some questions here.

Do you have any questions?

Please, ask some questions.

If you have any questions, you can ask to us.

6. Closing

So, that is all of our presentation. We conclude that…Thank you for your attention.

Thank you very much for your attention.

Thank you for listening.

https://www.youtube.com/watch?v=0fROX0CCwQ0