Cara Belajar Bahasa Inggris Buat Pemula Dijamin Bisa Lancar

belajar

Bisa lancar bahasa inggris secara lisan dan tulisan menjadi modal utama. Tidak hanya di dunia pekerjaan, di bangku pendidikan pun, jika ada pelajar yang pintar berbahasa inggris, maka sudah pasti ia jadi lebih unggul dan dianggap berprestasi. Lantas, bagaimana cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di kampung inggris? Apa saja yang harus pemula lakukan? Berikut informasi yang bisa kamu simak.

1. Mulai Pelajari Materi Dasar

Tips yang satu ini adalah wajib, dan tidak bisa dihindari. untuk bisa menggunakan bahasa inggris secara lisan dan tulisan, maka sudah pasti kamu harus mengerti beberapa hal seprti menggunakan tenss, menggunakanverb, adjective, adverb, pronoun dan noun, claus, dan lainnya. Dengan demikian, maka kamu akan punya pengetahuan dasar yang menjadi pondasi untuk mengembangkan kemampuanmu dalam berbahasa inggris.

2. Ubah Kebiasaan

Apa kebiasaan atau hobi yang kamu miliki? Misalnya, kamu senang mendengarkan musik, maka mulailah untuk mengganti dngan musik-musik berbahasa Inggris. Cobalah dengan menerjemahkan lirik tersebut, pelajari grammarnya. Suka baca novel? Cobalah untuk membaca novel berbahasa inggris. Pelajari juga bagaimana struktur kalimat, dialog, dan lainnya. Suka nonton film? Kamu juga bisa menggunakan subtitle berbahasa inggris, atau melihat film-film Hollywood untuk mempelajari kosa kata baru tanpa menggunakan subtitle.

3. Gunakan Kamus

Kamus sangat penting sebagai cara untuk belajar bahasa inggris bagi pemula, mengapa demikian? Dari kamuslah, maka kamu bisa berlatih menterjemahkan kata-kata yang kamu belum mengerti artinya.

4. Buat Target

Target apa yang ingin kamu capai? Apa tujuan kamu untuk mempelajari bahasa Inggris? Apakah kamu ingin fasih berbicara bahasa inggris? Atau, apakah kamu ingin menjadi tour guide? Tentukan tujuan dan target. Dengan demikian, kamu jadi lebih semangat mempelajari bahasa inggris. Dengan membuat bahasa inggris sebagai bagian dari hidupmu,maka kamu juga akan belajar dengan serius.

Untuk kamu yang ingin lancar berbahasa inggris, maka buatlah target yang sederhana seperti misalnya, dalam minggu ini, kamu akan menguasai percakapan yang berkaitan dengan asking and giving suggestion. Jika sudah mampu menguasai, ubah target misal dengan mencoba belajar asking permission pada minggu berikutnya. Jadi, dalam satu bulan, kamu sudah mempelajari 4 materi sederhana untuk percakapan dan itu sangat membantu!

5. Belajar Dengan Cara Menyenangkan

Belajar bahasa inggris itu tidak mudah, namun jika diterapkan dalam rutinitas sehari-hari akan terasa lebih mudah. misalnya, kalau kamu langsung mempelajari penggunaan slang, atau materi lainnya, maka akan terasa begitu kompleks, berat, dan jenuh. Sehingga, kamu mungkin sudah mundur duluan melihat berbagai materi yang tampak sulit. Untuk itu, buatlah sesederhana mungkin agar belajar bahasa inggris tetap asik, tapi kamu mendapatkan pelajaran yang benar-benar kamu ingat sepanjang masa. Misal, hari ini kamu belajar kalimat “I am sorry” sebagai cara untuk mengungkapkan penyesalan atau minta maaf. Nah, kapanpun kamu merasa menyesal atau bersalah, kamu bisa mengucapkan hal tersebut. Tentu jadi lebih mudah, bukan?

Tentu, cara apapun yang kamu lakukan, jika tidak punya semangat, tekad, dan rasa percaya diri yang tinggi, pasti tidak akan berhasil. Tidak perlu menghiraukan teman yang menertawakan dirimu ketika kamu salah dalam mengucapkan sesuatu, atau lainnya. Keberanian dan rasa percaya diri ini adalah modal utama bagi mreka yang ingin belajar bahasa inggris dengan lancar. Sehingga, kamu akan terus belajar apapun yang terjadi, sampai mereka terkesan ketika kamu mulai lancar mengunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari!

https://www.youtube.com/watch?v=u4uWRayvspM
Read More

Cara Presentasi Bahasa Inggris Yang Baik dan Benar

presentasi

Presentasi dalam bahasa inggris menjadi salah satu tugas yang bisa diberikan oleh guru ketika di kelas. Atau, dalam perusahaan tertentu, jika kamu bisa melakukan presentasi dalam bahasa inggris secara baik, benar dan lancar, maka akan membuat kamu jadi pekerja yang cukup diperhitungkan bagi masa depan perusahaan. Nah, apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin lancar melakukan presentasi dalam bahasa inggris? Berikut informasi lengkapnya.

1. Siapkan Greetings atau Pembuka

Greetings itu seperti apa? Pertama, dalam presentasi, kamu pasti menjadi orang yang paling didengar dalam satu ruangan. Sisanya, mereka adalah audiens. Apa yang mereka lakukan selama kamu presentasi menjadi refleksi apakah presentasi tersebut menarik atau tidak. Untuk itu, kamu harus melakukan beberapa hal untuk menciptakan kesan pertama. Misal, kamu bisa banyak tersenyum. Kemudian, tampillah dengan percaya diri. Jika gugup, kamu bisa melihat dinding. Lalu, kamu bisa mulai membuka presentasi dengan melakukan greeting atau menyapa.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat untuk menyapa sebelum presentasi dimulai:

Good morning, my friends. How are you today? Thank you for coming to my presentation. I would like to share about…

(Selamat pagi, teman-temanku. Bagaimana kabar kalian hari ini? Terimakasih sudah datang pada presentasiku. Kali ini, aku akan berbagi tentang…)

Good morning, ladies and gentlemen. It is an honor to meet you today. I would like to say thank you for coming to this presentation. My name is… and I would like to present you about…

(Selamat pagi, hadirin. Adalah sebuah kehormatan untuk bertemu anda hari ini. Saya ingin mengucapkan terimakasih atas kehadiran anda semua pada presentasi kali ini. Nama saya adalah… dan saya akan mempresentasikan tentang…)

2. Memperkenalkan Diri

Nah, untuk kamu yang presentasinya nggak sendirian alias dengan beberapa teman di kelas, kamu bisa memulai untuk memperkenalkan diri.

Let us introduce ourselves. I am…, and next to me is… We are from… (Izinkan kamu memperkenalkan diri. Aku…, dan disampingku adalah…, kami berasal dari…)

3. Sampaikan Fokus dan Tujuan Presentasi

Bila perlu, katakan kepada audiens mengapa mereka wajib menyimak presentasi kamu. Kamu bisa menjelaskan apa pentingnya presentasi ini sehingga mereka juga akan tertarik untuk terus mendengarkan dari awal sampai akhir. Sehingga, mereka mendapatkan sesuatu yang bermanfaat setelah presentasi kamu berakhir.

Berikut beberapa ungkapan yang bisa kamu sampaikan:

In this opportunity, I would like to present about… (Dalam kesempatan kali ini, saya akan mempresentasikan tentang…)

So, the purpose of my presentation is… (Jadi, tujuan dari presentasi saya adalah…)

In this presentation, we are going to talk about an important issue, which is… (Dalam presentasi kali ini, kami akan berbicara tentang isu yang sangat penting, yaitu…)

Please look at this picture. Do you see the picture? Cool, we go to the next slide to know what is going on there. (Tolong lihat gambar berikut. Apakah kamu melihat gambar tersebut? Bagus, sekarang kita bisa ke slide selanjutnya untuk melihat apa sebenarnya yang terjadi)

4. Share Points

Jika terdapat beberapa slide, maka sebaiknya beri tahu audiens apa saja point yang akan kamu sampaikan, dengan menggunakan kalimat berikut:

We are going to talk about A, B, and C (Kami akan berbicara tentang A, B dan C)

The headings of this topic are… (Bab-bab dalam topik ini adalah…)

We are going to talk in a few sections…  (Kami akan berbicara dalam beberapa bab yaitu…)

5. Tanya Jawab

Untuk membuka sesi tanya jawab, gunakan kalimat berikut:

That is all of our presentation today. We would be glad to hear some questions here.

Do you have any questions?

Please, ask some questions.

If you have any questions, you can ask to us.

6. Closing

So, that is all of our presentation. We conclude that…Thank you for your attention.

Thank you very much for your attention.

Thank you for listening.

Read More