belajar

Bisa lancar bahasa inggris secara lisan dan tulisan menjadi modal utama. Tidak hanya di dunia pekerjaan, di bangku pendidikan pun, jika ada pelajar yang pintar berbahasa inggris, maka sudah pasti ia jadi lebih unggul dan dianggap berprestasi. Lantas, bagaimana cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di kampung inggris? Apa saja yang harus pemula lakukan? Berikut informasi yang bisa kamu simak.

1. Mulai Pelajari Materi Dasar

Tips yang satu ini adalah wajib, dan tidak bisa dihindari. untuk bisa menggunakan bahasa inggris secara lisan dan tulisan, maka sudah pasti kamu harus mengerti beberapa hal seprti menggunakan tenss, menggunakanverb, adjective, adverb, pronoun dan noun, claus, dan lainnya. Dengan demikian, maka kamu akan punya pengetahuan dasar yang menjadi pondasi untuk mengembangkan kemampuanmu dalam berbahasa inggris.

2. Ubah Kebiasaan

Apa kebiasaan atau hobi yang kamu miliki? Misalnya, kamu senang mendengarkan musik, maka mulailah untuk mengganti dngan musik-musik berbahasa Inggris. Cobalah dengan menerjemahkan lirik tersebut, pelajari grammarnya. Suka baca novel? Cobalah untuk membaca novel berbahasa inggris. Pelajari juga bagaimana struktur kalimat, dialog, dan lainnya. Suka nonton film? Kamu juga bisa menggunakan subtitle berbahasa inggris, atau melihat film-film Hollywood untuk mempelajari kosa kata baru tanpa menggunakan subtitle.

3. Gunakan Kamus

Kamus sangat penting sebagai cara untuk belajar bahasa inggris bagi pemula, mengapa demikian? Dari kamuslah, maka kamu bisa berlatih menterjemahkan kata-kata yang kamu belum mengerti artinya.

4. Buat Target

Target apa yang ingin kamu capai? Apa tujuan kamu untuk mempelajari bahasa Inggris? Apakah kamu ingin fasih berbicara bahasa inggris? Atau, apakah kamu ingin menjadi tour guide? Tentukan tujuan dan target. Dengan demikian, kamu jadi lebih semangat mempelajari bahasa inggris. Dengan membuat bahasa inggris sebagai bagian dari hidupmu,maka kamu juga akan belajar dengan serius.

Untuk kamu yang ingin lancar berbahasa inggris, maka buatlah target yang sederhana seperti misalnya, dalam minggu ini, kamu akan menguasai percakapan yang berkaitan dengan asking and giving suggestion. Jika sudah mampu menguasai, ubah target misal dengan mencoba belajar asking permission pada minggu berikutnya. Jadi, dalam satu bulan, kamu sudah mempelajari 4 materi sederhana untuk percakapan dan itu sangat membantu!

5. Belajar Dengan Cara Menyenangkan

Belajar bahasa inggris itu tidak mudah, namun jika diterapkan dalam rutinitas sehari-hari akan terasa lebih mudah. misalnya, kalau kamu langsung mempelajari penggunaan slang, atau materi lainnya, maka akan terasa begitu kompleks, berat, dan jenuh. Sehingga, kamu mungkin sudah mundur duluan melihat berbagai materi yang tampak sulit. Untuk itu, buatlah sesederhana mungkin agar belajar bahasa inggris tetap asik, tapi kamu mendapatkan pelajaran yang benar-benar kamu ingat sepanjang masa. Misal, hari ini kamu belajar kalimat “I am sorry” sebagai cara untuk mengungkapkan penyesalan atau minta maaf. Nah, kapanpun kamu merasa menyesal atau bersalah, kamu bisa mengucapkan hal tersebut. Tentu jadi lebih mudah, bukan?

Tentu, cara apapun yang kamu lakukan, jika tidak punya semangat, tekad, dan rasa percaya diri yang tinggi, pasti tidak akan berhasil. Tidak perlu menghiraukan teman yang menertawakan dirimu ketika kamu salah dalam mengucapkan sesuatu, atau lainnya. Keberanian dan rasa percaya diri ini adalah modal utama bagi mreka yang ingin belajar bahasa inggris dengan lancar. Sehingga, kamu akan terus belajar apapun yang terjadi, sampai mereka terkesan ketika kamu mulai lancar mengunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari!

https://www.youtube.com/watch?v=u4uWRayvspM